Website yang berisi materi dan soal

Tuesday, November 26, 2019

PENGERTIAN PEMASARAN

Google Image

PENGERTIAN PEMASARAN

Pemasaran melibatkan dua pihak yaitu produsen dan konsumen sebagai titik pusatnya dan juga pemasaran merupakan faktor penting karena menyangkut kegiatan menentukan dan memproduksi produk maupun jasa, menentukan harga penjualan dan pada akhirnya konsumen siap untuk menkonsumsinya.


Konsep pemasaran merupakan hal yang sederhana dan secara intuisi merupakan filosofi yang menarik. Konsep ini menyatakn bahwa alasan keberadaan sosial ekonomi bagi suatu organisasi adalah memuaskan kebutuhan konsumen dan keinginan tersebut sesuai dengan sasaran perusahaan. Hal tersebut didasarkan pada pengertian bahwa suatu penjualan tidak tergantung pada agresifnya tenaga penjual, tetapi lebih kepada keputusan konsumen untuk membeli suatu produk.

Pemasaran menurut American Marketing Association 1960 dalam Sofjan Assauri (2011:3) menyatakan pemasaran adalah hasil prestasi kerja kegiatan usaha yang berkaitan dengan mengalinya barang dan jasa dari produsen sampai ke konsumen.


Menurut Kotler dan Keller (2011:27), pemasaran adalah aktivitas pengaturan lembaga dan proses penciptaan, komunikasi, pengiriman, dan pertukaran, penawaran yang bernilai untuk konsumen, klien, patner, dan masyarakat pada umumnya.


Menurut Rachmawati (2011:144) pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memeuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
 

Menurut Maukar, Kawet dan Dotulong (2015:215) pemasaran adalah kegiatan manusia yang bertujuan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan langganan melalui proses pertukaran dari pihak-pihak yang berkepentingan dengan perusahaan.


Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa pemasaran adalah sebuah proses yang bertumpu pada pemenuh kebutuhan individu dan kelompok dengan menciptakan pertukaran sehingga memberikan kepuasan yang maksimal.


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.